REKTOR UNIVERSITAS MALIKUSSALEH ACEH PROF DR H APRIDAR SE   MSIHUMAS-Sebanyak 30 mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) mengikuti training center (TC) Musabaqah Tilawatil Quran Nasional Mahasiswa (MTQNM) ke 14 yang akan diselenggarakan di Universitas Indonesia, 1-8 Agustus mendatang. Kegiatan TC tersebut dipusatkan di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

Rektor Unimal, Prof Dr Apridar, Sabtu (18/4) menyebutkan seluruh mahasiswa tersebut dibimbing oleh pelatih yang kompeten dibidangnya. Tahun ini, sebanyak 13 cabang mata lomba akan diperlomabakan yaitu  Tilawatil Quran, Tartil Quran,  Hifzil Quran 1 juz, Hifzil Quran 5 juz, Hifzil Quran 10 juz, Fahmil Quran, Qira’at Sab’ah, Syarhil Quran, Khaththil Quran, Karya Tulis Ilmiah kandungan Al Quran, Debat ilmiah kandungan Al Quran dalam bahasa Arab, Debat Ilmiah kandungan Al Quran dalam bahasa Inggris, dan Musabaqah Disain Aplikasi Komputer Al Quran.

“Untuk kategori cabang lomba fahmil quran dilakukan lomba dalam tiga babak yaitu penyisihan, semi final dan final. Sedangkan cabang lomba kategori lainnya dilakukan dalam dua babak yaitu penyisihan dan babak final,” sebut Prof Dr Apridar.

Ditambahkan, untuk memaksimalkan persiapan keikutsertaan dalam MTQNM kali ini, pihaknya menggelar TC selama tiga bulan. “Sejak April ini sampai Juli nanti kita buat TC terpusat di Bukit Indah. Semoga, seluruh peserta TC nantinya bisa mengikuti tahapan sampai selesai dan bisa meraih prestasi ketika mengikuti MTQNM tersebut,” ujar Prof Dr Apridar.

Disebutkan, dalam TC akan dilakukan beberapa kali tes terhadap seluruh peserta. Tes tersebut, sambung Prof Dr Apridar untuk mengetahui sejauhmana kemampuan peserta dibidangnya masing-masing.

“Dalam MTQNM ke 12 yang diselenggarakan di Unimal, kita meraih juara umum, kita harap prestasi pada MTQNM kali ini, Unimal masih bisa meraih prestasi terbaik minimal mampu menempati urutan tiga besar nasional,” ujarnya.

Sampai saat ini, tercatat 42 universitas negeri dan swasta telah mendaftar untuk mengikuti even nasional tersebut. diperkirakan jumlah peserta akan terus bertambah, karena masa pendaftaran dibuka hingga 41 hari ke depan.

“Kami harap dukungan semua pihak, baik pelatih, dosen, peserta MTQNM dan semua pihak untuk menyukseskan even ini. Karena prestasi yang diraih peserta MTQNM juga prestasi Unimal dan prestasi Aceh secara keseluruhan,” pungkasnya. [dim]