16.589 Calon Mahasiswa Mendaftar di Unimal

 

PROF DR H APRIDAR SE MSIdesign1HUMAS-Sebanyak 16.589 orang mendaftar lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Malikussaleh. Untuk jalur SNMPTN Unimal tahun ini akan menerima mahasiswa sebanyak 2784 orang.

Ada pun lima jurusan favorit yang paling banyak peminat yaitu jurusan Ekonomi Manajemen 2.235 kuota di SNMPTN 240 orang, Ekonomi Akutansi 1.474 orang kuota di SNMPTN 240 orang, Teknik Informatika 1.142  orang kuota SNMPTN 60 orang, Pendidikan Dokter 1.080 orang kuota di SNMPTN 24 orang dan jurusan Ilmu Hukum 1.056 orang dengan kuota di SNMPTN 240 orang.

Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Prof Apridar, Selasa (7/4) menyebutkan lima besar jurusan tersebut menarik minat masyarakat. Saat ini, minat masyarakat menjadi ekonom dan akuntan sangat tinggi. Dua profesi itu dianggap memiliki potensi lapangan kerja paling luas.

“Sejatinya semua jurusan memiliki potensi yang sama dalam dunia kerja. Kami berkomitmen mendidik mahasiswa yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing dan tentunya bisa diterima di dunia kerja,” terang Prof Apridar.

Selain itu, meski ada penambahan universitas negeri di Aceh, minat masyarakat untuk kuliah Unimal terus bertambah. Hal ini dibuktikan tahun lalu, pendaftar lewat jalur SNMPTN hanya 10.000 orang. Tahun ini meningkat menjadi 16.589 orang.

Dijelaskan, proses SNMPTN telah berlangsung dengan diawali pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pada 22 Februari-12 Maret 2015. Sedangkan pendaftaran SNMPTN dibuka sejak 13 Februari-15 Maret. “Saat ini sedang berlangsung proses seleksi dilakukan sejak 16 Maret-6 Mei 2015. Sedangkan calon mahasiswa bisa melihat hasil pengumuman pada 9 Mei 2015 mendatang. Seluruh mahasiswa wajib mendaftar ulang pada 9 Juni mendatang,” ujar Prof Apridar.

Tahun ini, Unimal menerima mahasiswa untuk 28 jurusan yang ada di kampus tersebut, termasuk jurusan yang baru saja dibuka seperti pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan matematikan, pendidikan teknik mesin, dan sastra Indonesia di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP). Jurusan baru lainnya yang diterima mahasiswa baru yaitu jurusan psikologi pada Fakultas Kedokteran dan jurusan ekonomi Islam pada Fakultas Ekonomi Unimal, serta prodi Sistem Informasi pada Fakultas Teknik .

Sejauh ini, calon mahasiswa yang mendaftar SNPMTN dan memilih Unimal sebagai tempat menimba ilmu berasal dari Jawa Barat, Sumatera Barat, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jambi dan sebagian besar berasal dari kabupaten/kota di Aceh.

“Target kami adalah memberikan pengetahuan lebih bagi mahasiswa. Di Unimal, mahasiswa bukan hanya mampu menguasai ilmu sesuai jurusannya dan kemampuan teknologi, namun kami mendidik mereka agar berakhlakul karimah, sehingga menjadi pemimpin bangsa yang jujur ke depan,” terang Prof Apridar.

Selain itu, pihaknya meminta agar calon mahasiswa mengikuti seluruh tahapan yang telah ditentukan oleh panitia penerimaan mahasiswa secara nasional. Sehingga, proses seleksi bisa diikuti dengan lancar. “Bagi calon mahasiswa yang telah mendaftar untuk mengupdate informasi SNMPTN bisa mengakses website www.pmb.unimal.ac.id,” pungkas Prof Apridar.[dim]