Ratusan Mahasiswa Belajar Pembuatan Film Dokumenter Aceh

Belajar film dokumenterHUMAS- Seratusan mahasiswa Universitas Malikussaleh belajar pembuatan film dokumenter bersama Crew Aceh Documentary Competion, Kamis (12/03), Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh.

Belajar pembuatan film dokumenter Aceh, yang mengambil tema “For You Aceh” untuk melihat sisi keberagaman dari masyarakat Aceh. Dengan seribu satu adat dan budaya yang nantinya akan dikemas dalam sebuah sinema atau film.

Peserta pembelajaran pembuatan film, Masrur, menjelaskan acara ini mampu membangkitkan nafsu kita untuk menggarap film – film baru di Aceh, meski sebelumnya kami sudah sering memproduksi film bersama sahabat komunikasi.

“Saya bersama teman – teman sudah serong membuat film, namun dokumenter kali ini mampu meningkatkan adrenalin kami untuk menggarap film baru,” jelas peserta, Masrur.

Ketua Prodi Jurusan Ilmu Komunikasi, Ade Muana Husniati, mengatakan pembelajaran pembuatan film dokumenter yang di khususkan untuk anak komunikasi ini untuk meningkatkan kinerja dan kreatifitasmahasiswa di kampus itu.

“Ini kita khususkan untuk anak komunikasi, namun juga ada anak – anak dari jurusan lain yang mengikuti acara ini, namun nantinya mereka akan sama – sama membuat film dokumenter Aceh,” kata Ade.

Ditambahkan, belajar membuat film agar mahasiswa mampu membuat lapangan kerja baru untuk orang lain, sebab dunia sinematografi merupakan dunianya industri perfilman yang hanya mampu dilakukan oleh orang – orang yang mempunyai skill dan berkompeten.

Acara yang dipandu lansung oleh para senior film dokumenter, seperti Azhari (sutradara, film garamku tak asin agi, Eagle Award 2011 Metro TV), Fuadi Riski (Sutradara Pelangi Ditepian Samudera, Aceh Documentary Competion 2014). [dim]